Cara Flash Realme C3: Panduan Lengkap untuk Pemula

Akaltekno.com – Gadget Realme C3 telah menjadi favorit di kalangan pengguna smartphone karena performa yang kamul dan harga yang terjangkau. Namun, seperti halnya perangkat Android lainnya, ada kalanya kamu perlu melakukan proses flashing pada Realme C3 untuk memperbaiki masalah atau menginstal pembaruan sistem terbaru. Jika kamu adalah pengguna Realme C3 yang ingin belajar cara melakukan flashing dengan mudah, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

Sebelum kita masuk ke dalam proses flashing, penting untuk menyadari bahwa flashing dapat berpotensi merusak perangkat kamu jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Pastikan kamu mengikuti instruksi dengan seksama dan memahami risiko yang terkait sebelum melanjutkan. Jika kamu merasa kurang percaya diri, disarankan untuk mencari bantuan dari seseorang yang berpengalaman atau menghubungi pusat layanan Realme resmi.

Persiapan Sebelum Melakukan Flashing

Sebelum kamu mulai melakukan proses flashing pada Realme C3, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan segalanya berjalan lancar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Backup Data Penting Kamu

Sebelum melakukan flashing, pastikan kamu melakukan backup semua data penting yang tersimpan di Realme C3 kamu. Proses flashing akan menghapus semua data yang ada di perangkat, jadi pastikan kamu telah memindahkan semua foto, video, kontak, dan file penting lainnya ke penyimpanan eksternal atau cloud.

Baca Juga:  Rekomendasi Game Anime PC: 10 Pilihan Seru untuk Kamu Mainkan!

2. Unduh Firmware Realme C3 yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah mengunduh firmware Realme C3 yang sesuai dengan model dan versi perangkat kamu. Pastikan kamu mengunduh firmware dari sumber yang terpercaya dan cocok dengan nomor model Realme C3 kamu. Firmware yang salah dapat menyebabkan masalah pada perangkat kamu, jadi pastikan kamu melakukan unduhan yang benar.

3. Instal Driver USB Realme C3

Untuk menghubungkan Realme C3 dengan komputer kamu selama proses flashing, kamu perlu menginstal driver USB Realme C3. Kamu dapat mengunduh driver USB dari situs resmi Realme atau menginstalnya secara otomatis melalui program manajemen perangkat seperti DriverPack Solution.

4. Pastikan Baterai C3 Terisi Penuh

Sebelum memulai proses flashing, pastikan baterai Realme C3 kamu terisi penuh atau minimal memiliki daya baterai di atas 50%. Ini penting untuk mencegah matinya perangkat saat proses flashing berlangsung, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat.

5. Aktifkan Mode Pengembang dan USB Debugging

Sebelum kamu dapat melakukan flashing pada Realme C3, kamu perlu mengaktifkan Mode Pengembang dan USB Debugging di perangkat kamu. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, cari “Tentang Telepon” atau “Informasi Perangkat”, ketuk nomor versi beberapa kali hingga muncul pesan “Anda sudah menjadi pengembang”, lalu kembali ke Pengaturan utama dan cari “Opsi Pengembang”. Di dalamnya, aktifkan “USB Debugging”.

Langkah-langkah Melakukan Flashing pada Realme C3

Setelah kamu menyelesaikan persiapan di atas, kamu siap untuk melakukan proses flashing pada Realme C3. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

1. Ekstrak Firmware yang Telah Diunduh

Sekarang, ekstrak file firmware yang telah kamu unduh sebelumnya ke folder yang mudah diakses di komputer kamu. Pastikan kamu mengingat lokasi folder ini, karena kamu akan membutuhkannya nanti saat menjalankan alat flashing.

Baca Juga:  Cara Mengganti Bahasa di Grab: Panduan Lengkap

2. Jalankan Alat Flashing

Selanjutnya, jalankan alat flashing yang kompatibel dengan Realme C3 kamu. Kamu dapat menggunakan alat flashing resmi yang disediakan oleh Realme atau alat flashing pihak ketiga yang terpercaya seperti SP Flash Tool. Pastikan kamu menjalankan alat sebagai administrator.

3. Sambungkan Realme C3 ke Komputer

Sambungkan Realme C3 ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan kamu menggunakan kabel USB yang baik dan terhubung secara aman. Alat flashing harus mendeteksi perangkat kamu dalam beberapa detik setelah kamu menyambungkannya.

4. Pilih Firmware yang Telah Diunduh

Selanjutnya, pada alat flashing, cari opsi untuk memilih firmware atau ROM yang ingin kamu flash pada Realme C3. Klik tombol “Browse” atau “Select” dan arahkan ke folder di mana kamu telah mengekstrak file firmware sebelumnya.

5. Mulai Proses Flashing

Setelah kamu telah memilih firmware yang tepat, klik tombol “Flash” atau “Start” pada alat flashing untuk memulai proses flashing. Biarkan proses ini berjalan sampai selesai tanpa mengganggu koneksi antara perangkat dan komputer.

6. Tunggu hingga Proses Selesai

Proses flashing akan memakan waktu beberapa menit, jadi bersabarlah dan jangan mencabut koneksi atau mematikan perangkat saat proses ini berlangsung. Setelah selesai, kamu akan melihat pesan sukses atau perangkat akan reboot secara otomatis.

7. Lakukan Pengaturan Awal

Setelah proses flashing selesai, kamu perlu melakukan pengaturan awal pada Realme C3 kamu seperti memilih bahasa, mengatur koneksi Wi-Fi, dan mengatur akun Google kamu. Ikuti langkah-langkah pada layar untuk menyelesaikan pengaturan awal.

Akhir Kata

Flashing Realme C3 adalah proses yang kompleks, tetapi dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, kamu dapat melakukan flashing dengan mudah dan aman. Selalu ingat untuk melakukan backup data penting kamu sebelum memulai proses ini dan pastikan kamu mengikuti instruksi dengan seksama. Jika kamu merasa tidak yakin atau mengalami kesulitan, disarankan untuk mencari bantuan dari seseorang yang berpengalaman atau menghubungi pusat layanan Realme resmi.

Tarisa Suci Amalia S.Kom

Lulusan sarjana (S.Kom) yang sudah menyukai bidang Teknologi sejak 6 tahun lalu dengan pengalaman berbagai masalah teratasi.

Tinggalkan komentar