Cara Memunculkan Hibernate di Windows 11: Panduan Lengkap

Akaltekno.com – Apakah kamu menggunakan Windows 11 dan mencari cara untuk memunculkan fitur Hibernate yang hilang? Hibernate adalah fitur yang sangat berguna karena memungkinkan kamu untuk mengunci perangkat kamu dengan aman dan melanjutkan pekerjaan kamu nanti tanpa harus menutup semua aplikasi dan dokumen kamu. Namun, pada Windows 11, fitur Hibernate tidak ditampilkan secara default di menu Start atau dalam opsi daya. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memunculkan Hibernate di Windows 11.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa fitur Hibernate hanya tersedia untuk komputer yang memiliki dukungan dan kapabilitas hardware yang tepat. Jadi, pastikan komputer kamu memenuhi syarat sebelum mencoba mengaktifkan Hibernate. Sekarang, mari kita mulai dengan panduan langkah-demi-langkah tentang cara memunculkan Hibernate di Windows 11:

Panduan Memunculkan Hibernate di Windows 11

1. Buka “Pengaturan” dengan mengklik ikon “Start” di sudut kiri bawah layar kamu dan kemudian pilih ikon “Pengaturan” (ikon gigi).

2. Di jendela Pengaturan, pilih opsi “Sistem” dan kemudian klik “Daya & tidur” di panel sebelah kiri.

3. Pada halaman “Daya & tidur”, gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi “Tetapkan waktu tidur kamu” dan klik “Opsi daya tambahan”.

4. Di halaman “Opsi daya tambahan”, gulir ke bawah lagi hingga kamu menemukan opsi “Tampilkan opsi daya lainnya” dan klik tautan “Ubah pengaturan yang tidak tersedia saat ini”.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Star Rail di Honkai Impact 3rd

5. Setelah kamu mengklik tautan tersebut, kamu akan melihat beberapa opsi daya tambahan yang sebelumnya tidak ada. Cari opsi “Hibernate” dan centang kotak di sebelahnya.

6. Terakhir, klik “Simpan perubahan” untuk mengaktifkan Hibernate di Windows 11.

1. Buka “Pengaturan” Windows 11

Untuk memunculkan Hibernate di Windows 11, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka “Pengaturan”. Kamu dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Start” di sudut kiri bawah layar kamu dan kemudian memilih ikon “Pengaturan” (ikon gigi) dari menu yang muncul.

2. Pilih Opsi “Sistem” dan “Daya & tidur”

Setelah membuka jendela Pengaturan, cari dan pilih opsi “Sistem”. Di panel sebelah kiri jendela, klik opsi “Daya & tidur”. Halaman “Daya & tidur” akan ditampilkan dengan pengaturan daya yang berbeda.

3. Akses Opsi Daya Tambahan

Pada halaman “Daya & tidur”, gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi “Tetapkan waktu tidur kamu”. Klik pada opsi “Opsi daya tambahan” yang terletak di bawahnya untuk mengakses pengaturan daya tambahan di Windows 11.

4. Ubah Pengaturan yang Tidak Tersedia Saat Ini

Di halaman “Opsi daya tambahan”, gulir ke bawah lagi hingga kamu menemukan opsi “Tampilkan opsi daya lainnya”. Klik tautan “Ubah pengaturan yang tidak tersedia saat ini” untuk mengaktifkan opsi daya yang sebelumnya tidak ditampilkan.

5. Aktifkan Opsi “Hibernate”

Setelah mengklik tautan tersebut, kamu akan melihat opsi daya tambahan yang sebelumnya tidak ada. Cari opsi “Hibernate” dalam daftar ini dan centang kotak di sebelahnya untuk mengaktifkannya.

6. Simpan Perubahan

Terakhir, klik “Simpan perubahan” untuk mengaktifkan fitur Hibernate di Windows 11. Setelah itu, kamu harus dapat melihat opsi Hibernate di menu Start dan dalam opsi daya kamu.

Baca Juga:  Cara Mengganti Tema di Ponsel Android: Panduan Lengkap dan Mudah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sekarang telah berhasil memunculkan fitur Hibernate di Windows 11. Kamu dapat dengan mudah mengunci perangkat kamu dengan aman dan melanjutkan pekerjaan kamu nanti tanpa harus khawatir kehilangan data atau menutup aplikasi yang sedang berjalan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kamu!

Jadi, itulah panduan lengkap tentang cara memunculkan Hibernate di Windows 11. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah mengaktifkan fitur Hibernate dan meningkatkan pengalaman penggunaan Windows 11 kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami masalah saat mengikuti panduan ini, jangan ragu untuk mencari bantuan dari sumber-sumber lain atau menghubungi dukungan teknis Windows. Selamat mencoba!

Tarisa Suci Amalia S.Kom

Lulusan sarjana (S.Kom) yang sudah menyukai bidang Teknologi sejak 6 tahun lalu dengan pengalaman berbagai masalah teratasi.

Tinggalkan komentar