Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Akaltekno.com – Apakah kamu mengalami masalah dengan layar hp kamu yang tidak bisa disentuh dan dimatikan? Jika iya, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Masalah layar hp yang tidak responsif dan sulit dimatikan memang cukup umum terjadi. Namun, jangan buru-buru membawanya ke tempat servis karena ada beberapa langkah sederhana yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah ini sendiri.

Pertama-tama, mari kita cari tahu penyebab umum dari masalah ini. Salah satu penyebab paling umum adalah adanya gangguan pada sistem operasi hp kamu. Mungkin ada aplikasi yang crash atau ada bug yang menyebabkan layar tidak responsif. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh hardware yang rusak, seperti layar sentuh yang sudah aus atau baterai yang bermasalah.

Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh dan dimatikan:

1. Restart HP Kamu

Langkah pertama yang perlu kamu coba adalah merestart hp kamu. Caranya cukup mudah, cukup tahan tombol power sampai layar mati dan hp kamu mati. Kemudian, nyalakan kembali hp kamu dan periksa apakah layar sudah bisa disentuh dan dimatikan.

2. Bersihkan Layar dan Casing

Kadang-kadang, masalah layar hp yang tidak responsif bisa disebabkan oleh kotoran atau minyak yang menempel pada layar atau casing hp. Cobalah untuk membersihkan layar dan casing hp kamu dengan kain lembut yang sedikit lembab. Pastikan kamu juga membersihkan area sekitar tombol power dan tombol volume.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android Untuk Meningkatkan Efisiensi

3. Periksa Aplikasi yang Baru Diinstal

Jika kamu mengalami masalah layar hp yang tidak responsif setelah menginstal aplikasi baru, kemungkinan besar masalahnya terletak pada aplikasi tersebut. Cobalah untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi baru yang kamu instal dan periksa apakah masalahnya teratasi.

4. Update Sistem Operasi

Salah satu penyebab umum masalah layar hp yang tidak responsif adalah adanya bug pada sistem operasi. Pastikan hp kamu selalu menggunakan versi sistem operasi terbaru. Periksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia dan lakukan update jika diperlukan.

5. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba melakukan reset pengaturan pabrik pada hp kamu. Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan kamu sudah membackup semua data penting kamu karena reset pengaturan pabrik akan menghapus semua data pada hp kamu.

6. Periksa Hardware

Jika masalah layar hp yang tidak bisa disentuh dan dimatikan masih belum teratasi, kemungkinan besar masalahnya terletak pada hardware. Kamu dapat membawa hp kamu ke tempat servis terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki jika diperlukan.

Akhir Kata

Masalah layar hp yang tidak bisa disentuh dan dimatikan memang bisa sangat menjengkelkan, namun dengan beberapa langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat mencoba mengatasi masalah ini sendiri sebelum membawanya ke tempat servis. Jika semua langkah tersebut tidak berhasil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari ahli atau teknisi yang berpengalaman untuk memperbaiki hp kamu.

Tarisa Suci Amalia S.Kom

Lulusan sarjana (S.Kom) yang sudah menyukai bidang Teknologi sejak 6 tahun lalu dengan pengalaman berbagai masalah teratasi.

Tinggalkan komentar