Cara Melihat HDD atau SSD: Panduan Lengkap

akaltekno.com

Akaltekno.com – Apakah kamu ingin mengetahui cara melihat apakah komputer kamu menggunakan hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD)? Mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu dapat memberikan informasi yang berguna dalam hal kinerja dan kapasitas. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat apakah komputer kamu menggunakan HDD atau SSD. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Device Manager

Salah satu cara termudah untuk melihat jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu adalah dengan menggunakan Device Manager. Caranya adalah dengan membuka Device Manager melalui Control Panel atau dengan menekan tombol Windows + X, dan memilih Device Manager. Setelah Device Manager terbuka, perluas kategori “Disk drives”. Di sini kamu akan melihat daftar semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer kamu, termasuk HDD dan SSD.

2. Melalui BIOS

Metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan adalah melalui BIOS. Untuk melakukannya, restart komputer kamu dan tekan tombol tertentu saat layar boot muncul. Tombol yang harus kamu tekan mungkin berbeda-beda tergantung pada merek dan model komputer kamu, tetapi biasanya tombol-tombol seperti Del, F2, atau F10 dapat digunakan. Setelah kamu masuk ke BIOS, cari opsi yang berkaitan dengan penyimpanan atau perangkat keras. Di sini kamu akan melihat informasi tentang jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu.

Cara Melihat HDD atau SSD: Ringkasan

Pada artikel ini, kami memberikan panduan lengkap tentang cara melihat apakah komputer kamu menggunakan HDD atau SSD. Kamu dapat menggunakan Device Manager untuk melihat daftar perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer kamu atau melalui BIOS untuk melihat informasi lebih rinci tentang jenis penyimpanan yang digunakan. Dengan mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu, kamu dapat memahami kinerja dan kapasitasnya dengan lebih baik.

Baca Juga:  Cara Overclock VGA AMD: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Performa Grafis

1. Menggunakan Device Manager

Kamu dapat mengakses Device Manager melalui Control Panel atau dengan menekan tombol Windows + X dan memilih Device Manager. Di sini, perluas kategori “Disk drives” untuk melihat daftar perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer kamu.

2. Melalui BIOS

Restart komputer kamu dan tekan tombol yang sesuai saat layar boot muncul untuk masuk ke BIOS. Cari opsi yang berkaitan dengan penyimpanan atau perangkat keras untuk melihat informasi tentang jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu.

3. Menggunakan Command Prompt

Kamu juga dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu. Buka Command Prompt dan ketik “wmic diskdrive get model” tanpa tanda kutip. Tekan Enter, dan kamu akan melihat daftar perangkat penyimpanan beserta modelnya.

4. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Ada banyak software pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk melihat jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu. Beberapa contohnya adalah CrystalDiskInfo, Speccy, dan HWiNFO. Unduh dan pasang salah satu software ini, dan kamu akan mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang perangkat penyimpanan kamu.

5. Melalui Pengaturan Sistem

Pada beberapa versi Windows, kamu juga dapat melihat jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu melalui pengaturan sistem. Buka Pengaturan Sistem, pilih opsi “Penyimpanan”, dan kamu akan melihat informasi tentang jenis penyimpanan yang digunakan serta kapasitasnya.

6. Mengecek Fisik Komponen

Jika kamu ingin memastikan secara fisik apakah komputer kamu menggunakan HDD atau SSD, kamu dapat membuka casing komputer dan melihat perangkat penyimpanan yang terpasang di dalamnya. HDD biasanya memiliki piringan magnetik yang terlihat jelas, sedangkan SSD tidak memiliki bagian bergerak dan biasanya berbentuk seperti papan kecil.

Baca Juga:  Cara Bikin Shadow di Photoshop: Panduan Lengkap

7. Mengecek Kecepatan Transfer Data

Jika kamu ingin membandingkan kecepatan transfer data antara HDD dan SSD, kamu dapat menggunakan software benchmarking seperti CrystalDiskMark. Jalankan benchmark pada kedua perangkat penyimpanan dan bandingkan hasilnya. SSD biasanya memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Dalam kesimpulan, mengetahui cara melihat apakah komputer kamu menggunakan HDD atau SSD dapat memberikan informasi yang berguna tentang kinerja dan kapasitasnya. Kamu dapat menggunakan berbagai metode seperti Device Manager, BIOS, Command Prompt, software pihak ketiga, dan pemeriksaan fisik komponen untuk mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu. Semoga panduan ini membantu kamu untuk mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan pada komputer kamu dengan mudah.

akaltekno.com

Lulusan S1 Sarjana Informatikan S.Kom yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi selama lebih 6 tahun.

Tinggalkan komentar