Cara Membuat Layar Laptop Full Screen Saat Bermain Game

akaltekno.com

Akaltekno.com – Apakah kamu sering mengalami masalah dengan layar laptop yang tidak dapat ditampilkan secara penuh saat bermain game? Jika iya, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat layar laptop kamu menjadi full screen saat bermain game.

Saat bermain game, penting untuk memiliki tampilan layar yang penuh agar dapat menikmati pengalaman bermain dengan maksimal. Namun, beberapa laptop mungkin memiliki pengaturan yang membuat layar terpotong atau tidak ditampilkan secara penuh saat bermain game. Hal ini bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas permainan yang kamu alami.

Cara Membuat Layar Laptop Full Screen

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk membuat layar laptop kamu menjadi full screen saat bermain game:

1. Periksa Resolusi Layar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa resolusi layar laptop kamu. Pastikan resolusi layar telah diatur ke resolusi yang maksimal untuk laptop kamu. Kamu dapat mengubah resolusi layar dengan pergi ke Pengaturan atau melalui panel kontrol grafis pada laptop kamu.

2. Perbarui Driver Grafis

Kadang-kadang, masalah dengan layar laptop yang tidak dapat ditampilkan secara penuh saat bermain game dapat disebabkan oleh driver grafis yang usang atau tidak kompatibel. Pastikan kamu memiliki driver grafis terbaru yang sesuai dengan laptop kamu. Kamu dapat mengunduh dan menginstal driver grafis terbaru dari situs web resmi produsen laptop atau produsen kartu grafis.

Baca Juga:  Cara Restart VGA Laptop: Panduan Lengkap untuk Mengatasi Masalah Tampilan

3. Gunakan Mode Full Screen pada Game

Sebagian besar game modern menyediakan opsi mode layar penuh. Pastikan kamu mengatur game yang kamu mainkan ke mode layar penuh untuk mendapatkan tampilan layar yang maksimal. Biasanya, kamu dapat mengubah mode layar dalam pengaturan permainan atau dengan menekan tombol F11 pada keyboard.

4. Matikan Skalabilitas Tinggi pada Kompatibilitas Aplikasi

Jika kamu masih mengalami masalah dengan layar yang tidak dapat ditampilkan secara penuh setelah mengikuti langkah-langkah sebelumnya, kamu dapat mencoba mematikan skalabilitas tinggi pada kompatibilitas aplikasi. Klik kanan pada ikon game atau pintasan game, pilih “Properties”, pergi ke tab “Compatibility”, dan hilangkan centang pada opsi “Disable display scaling on high DPI settings”.

5. Restart Laptop Kamu

Kadang-kadang, masalah dengan layar yang tidak dapat ditampilkan secara penuh saat bermain game dapat diselesaikan dengan me-restart laptop kamu. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, coba restart laptop kamu dan periksa apakah permasalahan telah teratasi.

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah tampilan layar saat bermain game. Ada beberapa aplikasi yang tersedia secara gratis atau berbayar yang dapat membantu kamu mengoptimalkan tampilan layar laptop saat bermain game.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sekarang dapat membuat layar laptop kamu menjadi full screen saat bermain game. Pastikan untuk melakukan pengecekan resolusi layar, memperbarui driver grafis, menggunakan mode full screen pada game, mematikan skalabilitas tinggi pada kompatibilitas aplikasi, dan mencoba restart laptop kamu. Jika semua langkah tersebut tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk masalah tampilan layar saat bermain game. Selamat mencoba!

akaltekno.com

Lulusan S1 Sarjana Informatikan S.Kom yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi selama lebih 6 tahun.

Tinggalkan komentar