Cara Mengatur Google Maps Ganjil Genap di iPhone

akaltekno.com

Akaltekno.com – Apakah kamu sering berkendara di kota besar seperti Jakarta yang menerapkan kebijakan ganjil genap? Jika iya, maka mengatur Google Maps agar dapat menunjukkan rute sesuai dengan kebijakan ganjil genap dapat sangat membantu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatur Google Maps ganjil genap di iPhone kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan dapat mengoptimalkan penggunaan Google Maps untuk bepergian dengan lebih efisien dan menghindari denda.

Sebelum kita membahas cara mengatur Google Maps ganjil genap di iPhone, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kebijakan ganjil genap. Kebijakan ganjil genap merupakan kebijakan yang diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia, di mana kendaraan dengan plat nomor ganjil hanya diperbolehkan beroperasi pada hari ganjil (1, 3, 5, dst), sementara kendaraan dengan plat nomor genap hanya diperbolehkan beroperasi pada hari genap (2, 4, 6, dst). Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara di kota-kota tersebut.

Panduan Mengatur Google Maps Ganjil Genap di iPhone

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk mengatur Google Maps agar dapat menunjukkan rute sesuai dengan kebijakan ganjil genap di iPhone kamu:

1. Perbarui Aplikasi Google Maps Kamu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa aplikasi Google Maps di iPhone kamu sudah diperbarui ke versi terbaru. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, buka App Store, dan cek apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Google Maps. Jika ada, lakukan pembaruan agar kamu dapat menggunakan fitur terbaru yang diperlukan untuk mengatur ganjil genap.

Baca Juga:  Cara Membuat TikTok Luar Negeri: Panduan Lengkap

2. Buka Pengaturan Google Maps

Setelah memperbarui aplikasi Google Maps, buka aplikasi tersebut di iPhone kamu. Ketuk ikon “Menu” yang terletak di pojok kiri atas layar. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk opsi “Pengaturan” untuk membuka pengaturan Google Maps.

3. Pilih “Navigasi”

Setelah membuka pengaturan Google Maps, kamu akan melihat beberapa opsi pengaturan yang tersedia. Pilih opsi “Navigasi” untuk masuk ke pengaturan navigasi Google Maps.

4. Aktifkan “Hindari Jalan Ganjil Genap”

Di dalam pengaturan navigasi, kamu akan menemukan opsi “Hindari Jalan Ganjil Genap”. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi “On”. Setelah diaktifkan, Google Maps akan menghindari rute yang melibatkan jalan-jalan dengan kebijakan ganjil genap saat menentukan rute tercepat untuk kamu.

5. Atur Preferensi Navigasi Lainnya

Selain mengatur opsi “Hindari Jalan Ganjil Genap”, kamu juga dapat mengatur preferensi navigasi lainnya sesuai kebutuhan kamu. Misalnya, kamu dapat mengatur opsi “Hindari Tol” atau “Hindari Jalan Berbayar” jika kamu ingin menghindari rute dengan tol atau jalan berbayar. Pilih preferensi navigasi yang sesuai dengan preferensi kamu.

6. Mulai Navigasi

Setelah kamu selesai mengatur preferensi navigasi, kamu dapat mulai menggunakan Google Maps dengan pengaturan ganjil genap yang telah kamu atur. Masukkan tujuan kamu seperti biasa, dan Google Maps akan menunjukkan rute tercepat yang menghindari jalan-jalan dengan kebijakan ganjil genap. Ikuti petunjuk arah yang diberikan oleh Google Maps untuk mencapai tujuan kamu dengan lancar.

Akhir Kata

Dengan mengatur Google Maps ganjil genap di iPhone, kamu dapat lebih mudah menghindari jalan-jalan dengan kebijakan ganjil genap saat bepergian. Langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas akan membantu kamu mengoptimalkan penggunaan Google Maps dan menghemat waktu perjalanan kamu. Jadi, jangan ragu untuk mengatur Google Maps kamu sesuai dengan kebutuhan ganjil genap kamu dan nikmati perjalanan yang lebih lancar di kota-kota besar.

akaltekno.com

Lulusan S1 Sarjana Informatikan S.Kom yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi selama lebih 6 tahun.

Tinggalkan komentar