Tips Menggunakan Fitur Ekran Terbagi di Ponsel Android

akaltekno.com

Akaltekno.com – Apakah kamu sering merasa terbatas dengan layar ponsel Android kamu? Jika iya, ada fitur yang mungkin belum kamu manfaatkan sepenuhnya, yaitu fitur ekran terbagi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membagi layar ponsel kamu menjadi dua bagian, sehingga kamu dapat melakukan beberapa tugas sekaligus tanpa harus terus-menerus beralih antara aplikasi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara menggunakan fitur ekran terbagi di ponsel Android kamu, sehingga kamu dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kamu dalam menggunakan ponsel.

Sebelum kita mulai, perlu diketahui bahwa fitur ekran terbagi tidak tersedia di semua ponsel Android. Namun, sebagian besar ponsel Android terbaru sudah dilengkapi dengan fitur ini. Pastikan ponsel kamu menggunakan versi Android yang mendukung fitur ekran terbagi sebelum mencoba tips ini.

Tips Menggunakan Fitur Ekran Terbagi

1. Aktifkan Fitur Ekran Terbagi: Pertama-tama, pastikan fitur ekran terbagi diaktifkan di ponsel kamu. Caranya dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel kamu, tetapi umumnya kamu dapat menemukannya di Pengaturan > Tampilan > Ekran Terbagi atau Pengaturan > Layar > Ekran Terbagi. Aktifkan fitur ini agar kamu dapat mulai menggunakan fitur ekran terbagi.

2. Menggunakan Aplikasi dalam Mode Terbagi: Setelah fitur ekran terbagi diaktifkan, kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin kamu gunakan dalam mode terbagi. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol tampilan terkini atau tombol aplikasi terbaru di ponsel kamu. Ini akan membuka daftar aplikasi terbaru. Pilih aplikasi yang ingin kamu gunakan dalam mode terbagi dan seretnya ke bagian atas atau bawah layar, tergantung pada preferensi kamu.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Layanan Vivo dengan Mudah dan Cepat

3. Mengatur Ukuran Layar Terbagi

Kamu juga dapat mengatur ukuran layar terbagi sesuai kebutuhan kamu. Untuk melakukannya, seret garis pemisah antara dua aplikasi di tengah layar ke atas atau ke bawah. Ini akan mengubah ukuran masing-masing aplikasi. Kamu dapat menyesuaikan ukurannya sesuai dengan preferensi kamu.

4. Mengganti Aplikasi dalam Mode Terbagi

Jika kamu ingin mengganti aplikasi yang sedang kamu gunakan dalam mode terbagi, cukup seret garis pemisah ke tengah layar. Ini akan menghilangkan aplikasi yang sedang kamu gunakan dan membuka daftar aplikasi terbaru. Pilih aplikasi lain yang ingin kamu gunakan dan seretnya ke bagian atas atau bawah layar.

5. Menghentikan Mode Terbagi

Jika kamu ingin menghentikan mode terbagi, cukup seret garis pemisah ke satu sisi layar. Ini akan mengembalikan aplikasi ke mode layar penuh. Jika kamu ingin menutup salah satu aplikasi dalam mode terbagi, cukup seret garis pemisah ke arah aplikasi yang ingin kamu tutup.

6. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Beberapa ponsel Android juga menyediakan fitur-fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan fitur ekran terbagi. Misalnya, kamu mungkin dapat mengatur aplikasi favorit kamu untuk selalu terbuka dalam mode terbagi, atau kamu dapat mengatur aplikasi tertentu untuk otomatis membuka dalam mode terbagi saat kamu membukanya. Jelajahi pengaturan ponsel kamu untuk mengetahui fitur-fitur tambahan yang tersedia.

7. Praktekkan dan Eksplorasi

Terakhir, jangan ragu untuk mencoba dan menggali fitur ekran terbagi ini. Praktekkan penggunaannya dalam situasi sehari-hari dan eksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang ditawarkan. Semakin sering kamu menggunakannya, semakin terbiasa kamu akan menjadi dan semakin banyak manfaat yang dapat kamu peroleh.

Dengan menggunakan fitur ekran terbagi di ponsel Android kamu, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kamu dalam menggunakan ponsel. Manfaatkan tips-tips di atas untuk memaksimalkan pengalaman kamu menggunakan fitur ini. Selamat mencoba!

akaltekno.com

Lulusan S1 Sarjana Informatikan S.Kom yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi selama lebih 6 tahun.

Tinggalkan komentar