Tips Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Ponsel Android

akaltekno.com

Akaltekno.com – Apakah ponsel Android kamu menjadi lambat? Mungkin salah satu penyebabnya adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Saat kamu menginstal aplikasi baru, beberapa dari mereka secara otomatis diizinkan untuk berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kamu. Hal ini dapat menguras daya baterai, memperlambat kinerja ponsel, dan menghabiskan kuota internet kamu. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberikan tips tentang bagaimana kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android kamu.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa tidak semua aplikasi harus dinonaktifkan di latar belakang. Beberapa aplikasi, seperti pesan instan dan aplikasi email, memerlukan akses ke latar belakang untuk berfungsi dengan baik. Namun, banyak aplikasi lain yang tidak perlu berjalan di latar belakang sepanjang waktu. Dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat menghemat daya baterai, mempercepat ponsel, dan mengurangi penggunaan kuota internet.

Tips Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang:

1. Identifikasi aplikasi yang berjalan di latar belakang
Untuk memulai, kamu perlu mengidentifikasi aplikasi-aplikasi mana saja yang berjalan di latar belakang. Kamu dapat melakukannya dengan membuka pengaturan ponsel kamu dan mencari opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi dan Notifikasi”. Di sana, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal di ponsel kamu.

2. Pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan
Setelah kamu membuka daftar aplikasi, cari aplikasi-aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan di latar belakang. Perhatikan aplikasi yang jarang kamu gunakan atau yang tidak penting bagi kamu. Biasanya, aplikasi-aplikasi ini adalah aplikasi bawaan ponsel atau aplikasi yang kamu instal secara tidak sengaja.

3. Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang
Setelah kamu memilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, klik pada aplikasi tersebut untuk membuka pengaturannya. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk “Mematikan” atau “Menonaktifkan” aplikasi di latar belakang. Pilih opsi tersebut untuk menonaktifkan aplikasi yang dipilih.

Baca Juga:  Cara Mengatur Google Maps Ganjil Genap di iPhone

4. Periksa pengaturan aplikasi
Beberapa aplikasi memiliki pengaturan tambahan yang memungkinkan kamu mengontrol apakah mereka berjalan di latar belakang atau tidak. Setelah kamu menonaktifkan aplikasi di latar belakang, periksa pengaturan tambahan dan pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak memiliki opsi “Izinkan berjalan di latar belakang” yang diaktifkan.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Jika ada aplikasi yang tidak kamu gunakan sama sekali atau tidak penting bagi kamu, pertimbangkan untuk menghapusnya dari ponsel kamu. Dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu, kamu tidak hanya akan menghemat ruang penyimpanan, tetapi juga mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

6. Gunakan pengelola tugas atau aplikasi penghemat baterai
Ada banyak pengelola tugas dan aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Google Play Store. Kamu dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini untuk membantu kamu mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang aplikasi mana yang menghabiskan daya baterai dan memungkinkan kamu menonaktifkan aplikasi tersebut dengan mudah.

7. Periksa pembaruan aplikasi
Terakhir, pastikan untuk memperbarui semua aplikasi yang terinstal di ponsel kamu. Pembaruan aplikasi sering kali mencakup perbaikan bug dan peningkatan performa, yang dapat membantu mengurangi penggunaan daya baterai dan mempercepat ponsel kamu secara keseluruhan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android kamu dan meningkatkan kinerja ponsel serta menghemat baterai. Ingatlah untuk hanya menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan tetap memperbarui aplikasi yang kamu gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal. Selamat mencoba!

akaltekno.com

Lulusan S1 Sarjana Informatikan S.Kom yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi selama lebih 6 tahun.

Tinggalkan komentar